Minggu, 27 November 2011

kandungan gizi pada makan pagi/sarapan

Dari artikel saya yang sebelumnya saya menjelaskan tentang diet.
dan sekarang saya akan menjelaskan kandungan makanan yang kita makan, dimulai dari makan pagi misalnya dengan roti gandum dan susu tinggi protein, putih telur rebus

1. Roti gandum
Roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada nasi dan mie. Karena kandungan seratnya yang tinggi, gandum dapat menahan rasa lapar lebih lama.
Roti gandum dan roti putih keduanya berasal dari gandum. Bedanya roti gandum terbuat dari tepung gandum, roti putih terbuat dari tepung terigu. Tepung terigu merupakan hasil penggilingan biji gandum yang paling dalam, sedangkan tepung gandum merupakan hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja.
Kandungan serat pada roti gandum hampir enam kali lipat lebih tinggi daripada roti putih. Tapi kandungan energi dan karbohidratnya lebih rendah daripada roti putih. Oleh karena itu roti gandum dapat menjaga berat badan ideal. Selain itu roti gandum dapat menurunkan kolesterol, resiko penyakit jantung, dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.Roti gandum juga baik bagi penderita sembelit. Serat roti gandum dapat melembekkan feses, sehingga mengurangi tekanan pada dinding kolon dan mempercepat pengeluarannya, karena gerakan peristaltik usus besar menjadi lebih cepat.
Roti gandum mengandung vitamin dan mineral lebih banyak daripada roti putih. Malah belakangan ini roti gandum diperkaya dengan asam lemak tidak jenuh ganda seperti DHA, EPA, dan PUFA (asam lemak tidak jenuh ganda).

2.Susu tinggi protein
whey protein yang dikenal memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan membangun massa otot dalam fitnes, telah diketahui banyak orang. Tidak heran, jika whey protein telah menjadi minuman wajib bagi mereka yang concern terhadap pembentukan tubuh. Lalu bagaimana dengan Anda yang masih memiliki berat berlebih? Apakah konsumsi suplemen whey dapat memberikan manfaat bagi Anda? Ternyata, whey protein memiliki kelebihan lain selain memberikan imunitas dan massa otot. Whey protein ternyata juga dapat membantu program penurunan berat badan.

3.Putih telur rebus
Telur adalah salah satu makanan yang lazim untuk dikonsumsi oleh penggemar fitnes untuk memenuhi kebutuhan protein yang tinggi sejak dahulu kala. Why is that? Kualitas protein dinilai dengan beberapa parameter, salah satunya adalah biological value (BV). Semakin tinggi nilai BV artinya protein semakin mudah protein terserap dalam tubuh. Dibandingkan dengan sumber protein lainnya, nilai BV (whole eggs) adalah yang paling tinggi, yaitu 100.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar