Minggu, 27 November 2011

kandungan gizi pada makan sore

Makan sore sangat diperlukan untuk tubuh kita saat siang hari beraktifitas, supaya pada saat sore hari tubuh kita tidak kehilangan energi. Bagaimana caranya?
memperhatikan makan sore, menu makan sore yang saya sudah jelaskan diartikel sebelumnya yaitu sayur mayur dan telur rebus, kadang-kadang juga saya konsumsi ikan sardines tidak pakai nasi sebagai menu sore hari.

1. telur rebus
Telur adalah salah satu makanan yang lazim untuk dikonsumsi oleh penggemar fitnes untuk memenuhi kebutuhan protein yang tinggi sejak dahulu kala. Why is that? Kualitas protein dinilai dengan beberapa parameter, salah satunya adalah biological value (BV). Semakin tinggi nilai BV artinya protein semakin mudah protein terserap dalam tubuh. Dibandingkan dengan sumber protein lainnya, nilai BV (whole eggs) adalah yang paling tinggi, yaitu 100.

2. sayur mayur
sayur disini maksudnya banyakin makan sayur bening seperti sayur bayam atau brokoli dan saya akan menjelaskan manfaat dari sayur bayam dan brokoli

a. sayur bayam
Kandungan zat yang terdapat dalam Sayur Bayam adalah: zat besi yang berupa Fe2+ (ferro), jikalau bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada bayam akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang bermanfaat untuk manusia adalah ferro, lain halnya dengan ferri yang bersifat racun. Jadi jangan sekali-sekali untuk memanaskan sayur bayam yang sudah melalui proses pemasakkan dalam bentuk makanan.
Secara umum, bayam dapat meningkatkan kinerja ginjal & melancarkan pencernaan. Daun bayam digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut serta mengobati tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal.
Selain manfaat diatas, sayur bayam memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya pengelihatan akibat usia yang menua (macular degeneration), penyakit kanker,katarak dan bayi lahir cacat. Bayam adalah sumber lutein dan folate yang hebat, yang membantu mencegah penyakit jantung & bayi yang lahir cacat.
Kandungan folic acid yang ada di bayam juga mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut dan mengandung B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yang mengandung untuk melindungi bayi dari cacat pada bagian syaraf.
Manfaat Bayam lainnya, mengurangi pembentukan batu empedu sebab bayam kaya magnesium di samping ikan, kacang almon kering, alpukat, pisang, kismis. Sayur bayam juga memberikan zat besi pencegah anemia namun zat besi di dalam bayam tidak mudah diserap.
 
b. brokoli
Brokoli diketahui dapat mencegah kanker prostat,kanker perit,kanker paru-paru, bahkan bisa juga untuk menghambat pertumbuhan sel tumor hingga 60%. Brokoli kaya akan vitamin C dan kalsium. Jenis tanaman kubis ini juga mengandung antioksidan untik menghilangkan racun dalam tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar