Rabu, 16 Maret 2011

13 Rahasia praktis pangkas kalori.


Foto: Shutterstock

Siapa bilang memiliki berat badan ideal butuh persiapan panjang. Coba lakukan trik-trik di bawah ini dan percayalah hanya dalam 60 detik, kalori kita akan banyak terbakar. Dan bayangkan jika kita melakukannya sebanyak 1.000 menit setiap hari, pinggang ramping serta perut rata, tak lagi menjadi mimpi yang sulit diraih. Khusus bagi kita yang baru memulai program diet, kumpulan trik ini bisa memaksimalkan apa yang baru saja kita mulai.

1. Coba berbicara sambil berjalan : Apabila kita menerima telepon sambil menyiapkan meja makan kalori yang terbakar adalah 85. Jika kita berbicara dengan teman via telepon sambil berkebun, kalori yang terbakar adalah 102. Angka ini di dapat dari per 68 Kg timbangan dengan 30 menit aktivitas.

2. Tambahkan jus buah dengan air sparkling atau air putih biasa : Ini akan memotong 85 kalori per gelas dan dalam setahun akan ada sebanyak 2,5 Kg berat badan yang menyusut dari tubuh kita.

3. Segelas teh hijau sebelum olahraga jalan kaki: Kafein yang ada dalam teh adalah asam lemak yang akan membakar lemak-lemak tubuh lebih cepat. Plus polyphenols atau antioksidan yang ada di dalam teh hijau juga akan berkolaborasi dengan kafein untuk meningkatkan pembakaran kalori. Tapi jika kita memiliki masalah tekanan darah tinggi, sebaiknya jangan terapkan tip ini karena bisa berbahaya bagi tekanan darah.

4. Bawalah bekal makanan dari rumah : Penelitian membuktikan, kita yang lebih sering membeli makanan di luar rumah akan mengalami kelebihan 300 kalori per hari. Bedanya dengan makanan yang kita bawa dari rumah, biasanya akan lebih sehat karena takaran lemak, garam, gula, atau karbohidratnya lebih sesuai kebutuhan.

5. Ganti mentega dengan minyak zaitun : Suka sarapan dengan roti? Coba ganti mentega atau selai dengan minyak zaitun. Ini adalah minyak sehat yang dapat membuat kita kenyang lebih lama. Tip ini sudah terbukti pada penelitian terbaru yang mengungkapkan, mengganti minyak zaitun sebagai olesan roti akan memotong 52 kalori dibanding yang masih menggunakan mentega sebagai selai.

6.Taburi flaxseed di atas sereal : Flaxseed tinggi serat akan bersahabat baik dengan sereal. Keduanya dapat menyimpan rasa kenyang lebih lama, plus memotong asupan kalori lebih banyak. Selain sereal kita bisa menaburinya juga dia tas yogurt, muffin, atau roti.

7. Periksa darah secara rutin : 1 dari 12 wanita, ternyata memiliki masalah pada kelenjar tiroidnya. Inilah yang kemudian memperlambat metabolisme tubuh dan membuat lingkar pinggang kita cepat melebar. Masalah pada kelenjar tiroid hanya bisa dideteksi melalui pemeriksaan darah. Jika kita melakukan pemeriksaan darah secara rutin, maka berbagai gangguan tubuh bisa dideteksi.

8. Minum air putih lebih banyak : Coba beli botol air minum dengan ukuran jumbo, isi dengan air putih hingga penuh dan taruh di meja kerja. Lalu minum air putih tersebut hingga habis, alias jangan malas minum jika ingin langsing. Sebab air putih akan memperlancar peluruhan lemak-lemak dari dalam tubuh.

9. Dari pada ngemil, cobalah untuk baca buku atau menelepon teman : Saat tiba-tiba kita tergoda untuk mengemil, cobalah untuk berbagi cerita dengan sahabat. Ini akan mengalihkan kita dari godaan rasa lapar yang menyusup di malam hari.

10. Catat makanan apa saja yang kita nikmati setiap hari : Banyak penelitian sduah mengungkapkan, food diary akan membantu kita mengendalikan nafsu makan. Sebab makanan yang kita catat ibarat reminder bagi diri sendiri untuk tidak makan berlebihan. Prevention bahkan punya Jurnal Sehat yang berfungsi sebagai food diary dan catatan aktivitas sehat. Jurnal Sehat juga membuat kita lebih termotivasi karena bisa membaca pengalaman sukses diet dari pemenang Make Over Your Life yang diadakan Prevention beberapa waktu lalu.

11. Beli porsi kecil : Penelitian membuktikan, porsi atau kemasan besar justru membuat kita makan 44 persen lebih banyak!

12. Terapkan rumus drop and do 10 : Jadi ketika ingin makan es krim, coba lakukan sit ups atau push up sebanyak 10 repetisi. Aktivitas fisik ini akan membuat kita lebih mengingat apa yang menjadi kebutuhan tubuh.
13. Perbanyak konsumsi ikan : Ikan tuna, salmon, atau kod adalah jenis ikan yang kaya akan Omega-3 yang mempermudah tubuh memetabolisme lemak. Penelitian membuktikan, orang obesitas yang memasukkan ikan-ikan itu dalam menu harian mereka, berhasil mengurangi berat badan mereka hingga 20 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar