Kamis, 10 Maret 2011

Air mata ikan duyung berkhasiat untuk ilmu pelet

Tahun 80 memang hal-hal mistis jadi cerita dan di percaya masyarakat-masyarakat kampung seperti di daerah saya ini , singkep Salah satunya tentang khasiat air mata duyung yang bisa memikat wanita/pria yang di mau hanya dengan mencolek ke tubuh korban tapi harus dengan bantuan kapas sulung, atau kapas yang terdapat di pohon kapas yang hanya berbuah 1 tanpa yang lain.


Menurut penelusuran saya tentang kebenaran sejarah ilmu pelet dari air mata duyung ini, dapatlah informasi dari "atok"(datuk, kakek,sesepuh) kalau dia muda dulu air mata ikan duyung ini di dapat dari warga suku laut yang datang ke daratan untuk menukarkan benda-benda laut,seperti akar bahar,kerang, ikan, juga termasuk air mata ikan duyung ke pada penduduk yang bersedia untuk memberi mereka persediaan makanan seperti beras dan lain-lain. Jadi masa itu pemuda-pemuda sering berburu air mata duyung ini untuk memikat hati sang pujaan hatinya.

Atok juga berkata kalau ilmu pelet dari air mata duyung ini cukup ampuh untuk mendapatkan pujaan hati, namun sifatnya hanya sementara dan tidak kekal adanya. Intinya hanya cinta dan jodoh yang kekal adanya, ilmu pelet dan sejenisnya hanyalah sementara saja.

Saya rasa ini saja sejarah ilmu pelet dari air mata ikan duyung ini, moga bisa jadi dongeng untuk generasi muda warga singkep beberapa tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar